Implementasikan Janji Siswa dan Kembangkan Potensi Diri

Janji siswa bukan sekadar diucapkan serentak saat upacara Senin, tetapi mesti diimplementasikan dalam aktivitas siswa sehari-hari. Di dalam janji siswa terdapat tekad untuk mewujudkan pribadi siswa yang bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, disiplin, saling menghormati, dan senantiasa belajar dengan sungguh-sungguh serta kreatif.

Kepala SMAN 5 Palangka Raya, Drs. M. Ramli, M.Pd. menyampaikan amanat di hadapan lebih dari seribu siswa dan puluhan guru serta staf saat Upacara Senin, 1 Agustus 2022. Selain mengingatkan agar para siswa untuk mengimplementasikan janji siswa, ia juga mengajak para siswa untuk percaya diri dengan posisinya dalam kelas berdasarkan kelompok mata pelajaran.

“Semua jurusan atau kelompok peminatan memiliki keunggulan. Tidak ada yang lebih tinggi dan tidak ada yang lebih rendah. Semua siswa harus percaya diri. Jadi, tidak perlu ada siswa yang rendah diri berada di kelompok peminatan tertentu, misalnya di kelas Ilmu Bahasa dan Budaya (IBB). Pengalaman menunjukkan banyak pribadi yang sukses setelah berada di kelas IBB, bahkan bisa lebih dari yang lain,.”

Hal yang sangat penting adalah siswa mau mengembangkan potensi yang dimilikinya agar dapat meningkatkan kompetensi sesuai minat, bakat, dan bidangnya. Teruslah menempa diri secara kreatif dengan dibimbing dan difasilitasi para guru. Jika ini dilakukan dengan sungguh-sungguh, tentu kompetensi siswa akan berkembang menjadi lebih baik dan juga meraih prestasi yang baik.

Berkaitan dengan itu, lanjut Ramli menekankan agar para guru dan siswa terus berubah menjadi lebih baik dari waktu ke waktu. Semua harus aktif mengembangkan diri dan bekerja sama mengembangkan budaya belajar dan bekerja yang disiplin, kondusif, kreatif dan berkarakter.

“Kita bersyukur untuk survei karakter dalam Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) tahun lalu hasilnya kita sudah melampaui batas minimal. Itu sudah bagus dan kita harus terus berusaha meningkatkannya dan mengimplementasikannya dengan penuh integritas. Mari kita beri aplaus untuk pencapaian ini,” tuturnya optimistis disambut tepuk tangan para peserta upacara di halaman sekolah yang dinaungi mendung tipis yang sejuk. (L.J)


Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/u661263715/domains/sman5palangkaraya.sch.id/public_html/wp-includes/functions.php on line 5279

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/u661263715/domains/sman5palangkaraya.sch.id/public_html/wp-includes/functions.php on line 5279