Kemeriahan Pelepasan Siswa Kelas XII dihadiri Kadisdik

Pelepasan siswa kelas XII SMAN 5 Palangka Raya berlangsung Kamis, 28 April 2022. Acara digelar secara sederhana di halaman sekolah di bawah tenda itu dihadiri ratusan siswa serta kepala sekolah, puluhan guru dan staf.

Tak ketinggalan Kadisdik Provinsi Kalimantan Tengah dan Pengawas Pembina hadir juga. Beragam kemeriahan ditampilkan langsung dan terbatas oleh sebagian siswa turut menyemarakkan pelepasan yang kebetulan masih bersamaan dengan menjelang akhir bulan puasa Ramadan 1443 H.

Kepala SMAN 5 Palangka Raya, Drs. M. Ramli, M.Pd., dalam sambutannya menyatakan bahwa para siswa yang telah menempuh pendidikan di sekolah ini sangat beragam. Ada siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi, sedang, dan rendah. Oleh karena itu, peningkatan motivasi belajar siswa harus terus ditingkatkan.

Menyinggung pengumuman kelulusan, ia berharap siswa menunggu pengumuman resmi. Jika nanti ada yang belum lulus, sekolah tetap siap menerima siswa kelas XII mengulang kembali dengan lebih baik lagi.

“Saya ucapkan selamat untuk siswa yg telah lulus SNMPTN. Mudah-mudahan nanti juga lulus dari sekolah ini. Teruskan nanti studimu di perguruan tinggi dengan lebih baik lagi,” pesannya.

Pengawas Pembina, Dr. Rusnanie, M.Pd., mengingatkan para siswa bahwa untuk meraih kesuksesan, memiliki kecerdasan intelektual saja tidak cukup. Siswa perlu memilik karakter yang kuat untuk menghadapi beragam tantangan yang semakin berat menghadang.

Sementara itu, Kadisdik Provinsi Kalimantan Tengah, H.A. Syafudi, S.D., M.S.M., mengimbau warga sekolah agar selalu merefleksi memperbaiki diri untuk lebih menjadi lebih baik. Mutu produk belajar atau kualitas lulusan harus terus ditingkatkan.

Ia juga mengimbau para siswa sebagai umat beragama dan pelajar Pancasila untuk pandai bersyukur. Wujudnya adalah terus belajar memperbaiki diri dan menguatkan karakter.

Pesan agar siswa juga memanfaatkan peluang melanjutkan pendidikan juga ditegaskan. Para siswa hendaknya cerdas menyerap informasi yang benar di media sosial terkait masuk Perguruan Tinggi dan peluang meraih beasiswa.

Di sela-sela suasana gembira pelepasan, kegiatan berbagi berkah Ramadan juga dilakukan. Para Pegawai Tidak Tetap (PTT) dan Guru Tidak Tetap (GTT) menerima paket sembako. Ini merupakan wujud dari Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) di bulan Ramadan 1443 H.

Rangkaian pelepasan juga disertai penyerahan penghargaan. Tiga siswa kelas XII yang meraih penghargaan, yakni Cahaya Nashira (berprestasi akademik), Ridwan Hafiz Maulana (berprestasi nonakademik), dan Kris Martua Raja (Terdisiplin).

Maka riuh tepuk tangan para siswa dan hadirin pun kian menyemarakkan pelepasan itu. Semua menunjukkan binar gembira berlapis penuh harapan. (L.J.)


Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/u661263715/domains/sman5palangkaraya.sch.id/public_html/wp-includes/functions.php on line 5279

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/u661263715/domains/sman5palangkaraya.sch.id/public_html/wp-includes/functions.php on line 5279