Kuatkan Semangat, Mantapkan Pilihan, dan Tunaikan Kewajiban

Upacara Senin, 17 Januari 2022 berlangsung tertib. Cuaca cerah hangat bersahabat membangkitkan semangat. Para guru dan tenaga kependidikan serta lebih dari 800 siswa SMAN 5 Palangka Rasa tampak berbaris rapi penuh khidmat di halaman sekolah.

Wakasek Kesiswaan, Jonkenedy, M.Pd. berperan sebagai pembina upacara. Ada beberapa amanat atau pesan yang disampaikan kepada para siswa. Salah satunya kepada siswa kelas XII. Ia mengingatkan bahwa ini adalah semester terakhir menempuh pendidikan di sekolah ini.

“Siswa kelas XII harus terus bersemangat belajar dan mulai menyiapkan diri untuk menempuh pendidikan selanjutnya, ke perguruan tinggi atau sekolah kedinasan. Persiapkan segala sesuatunya sejak sekarang, termasuk persyaratan administratif,” tuturnya.

Jonkenedy menyerukan agar siswa kelas XII mempertimbangkan secara matang pilihan lanjutan pendidikan yang dipilihnya. Siswa harus menimbang dari sisi kemampuan akademik, ekonomi, peluang diterima, dan sebagainya.

“Siswa yang telah memutuskan mengikuti SNMPTN atau SBMPTN dan lulus, nanti harus mengambilnya. Jika tidak, ada konsekuensi yang bisa merugikan siswa sekolah ini tahun berikutnya. Perguruan Tinggi Negeri bisa menolak siswa dari sekolah yang lulusannya membatalkan diri setelah dinyatakan lulus SNMPTN dan SBMPTN,” tegasnya.

Untuk siswa kelas X dan XI, ia mengingatkan agar mereka lebih rajin belajar dalam PTM ini. Apalagi, semester genap merupakan semester penentuan kenaikan kelas.

“Naik kelas itu ada syaratnya. Kehadiran harus lebih dari 80% dalam setahun. Nilai harus mencapai standar minimal, dan sikap atau karakter harus baik. Berkaitan dengan itu, belajar dengan sungguh sungguh adalah suatu keharusan dan tidak bisa ditawar-tawar,” tuturnya.

Akhirnya, seluruh kembali diingatkan untuk selalu menunaikan kewajiban di samping menerima hak. Siswa harus menaati peraturan yang berlaku dengan tertib dan penuh disiplin. Siswa juga harus menunaikan keharusan melunasi iuran BPP dan OSIS untuk menunjang kelancaran kegiatan pendidikan dan ekstrakurikuler di sekolah ini. (L.J.)


Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/u661263715/domains/sman5palangkaraya.sch.id/public_html/wp-includes/functions.php on line 5279

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/u661263715/domains/sman5palangkaraya.sch.id/public_html/wp-includes/functions.php on line 5279