Layanan Perpustakaan Sekolah Berkualitas Tingkatkan Nilai Akreditasi Sekolah

Peran Perpustakaan Sekolah sangat penting dalam mendukung kualitas pembelajaran guru dan siswa. Perpustakaan sekolah yang baik juga dapat mendukung pemerolehan nilai akreditasi sekolah yang baik. Oleh karena itu, perpustakaan sekolah perlu dikelola secara profesional untuk memberikan layanan terbaik kepada para guru dan siswa.

Berkaitan dengan itu upaya pembinaan perpustakaan sekolah pun dilakukan oleh Dinas Perpustakaan dan Arsip (Dispursip) Provinsi Kalimantan Tengah. Salah satu kegiatan pembinaan itu pun berlangsung di SMAN 5 Palangka Raya, Kamis, 11 Februari 2021. Kegiatan yang berlangsung masih dalam kondisi pandemi Covid-19 ini diikuti oleh para Kepala Sekolah dan Kepala Perpustakaan sekolah dari 13 SMAN/SMKN di Kota Palangka Raya, yakni SMAN 1, SMAN 2, SMAN 3, SMAN 4, SMAN 5, SMAN 6, SMAN 7, SMAN 10, SMKN 1, SMKN 3, SMKN 4, SMKN 5, dan SMKN 6.

Plt. Kadisdik Provinsi Kalimantan Tengah H.A. Syaifudi, S.Pd., M.SM. dalam sambutannya mengingatkan bahwa dalam layanan pembelajaran dan layanan perpustakaan, fondasi karakter harus disentuh agar para peserta didik memiliki sikap peduli dan berbagi dengan sesama. Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) melalui moda daring atau luring atau kombinasi keduanya yang masih berlangsung karena pandemi Covid-19 hingga kini hendaknya tidak mengesampingkan pendidikan karakter.

“Ranah karakter harus senantiasa disentuh dikuatkan meskipun situasi saat ini memang ada kendala untuk mengontrol kondisi siswa yang sesungguhnya. Oleh karena itu, manajemen sekolah harus terus proaktif memberikan pelayanan mutu pendidikan. Dalam kondisi saat ini hendaknya sekolah lebih bisa mencari solusi kreatif untuk mencapai tujuan pendidikan. Oleh karena itu, kita berharap tidak ada sekolah yang terlelap seperti libur saat pandemi ini,” tegasnya kepada para peserta.

Menyinggung tentang perpustakaan sekolah, Syaifudi berharap para pustakawan dapat menggerakkan minat baca warga sekolah, menyusun best practice, modul, dan penelitian kepada para guru. Pustakawan hendaknya terus meningkatkan kualitas pengelolaan dan pelayanan perpustakaan sekolah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan semangat berliterasi. Kepala sekolah juga harus turut proaktif mendukung Program Sekolah Penggerak yang telah diluncurkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kepada para tenaga perpustakaan ia berharap agar informasi dan pengetahuan yang diperoleh dalam kegiatan pembinaan benar-benar dapat diimplementasikan dalam pengelolaan dan pelayanan perpustakaan sekolah. Mutu layanan perpustakaan, baik layanan secara konvensional maupun secara digital juga harus ditingkatkan agar para siswa tertarik berkunjung dan meramaikan perpustakan sekolah, tetapi tetap tenang dan khidmat menikmati bahan-bahan bacaan yang meningkatkan kecerdasan dan menguatkan karakter.

Sementara itu, Plt. Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip (Dispursip) Provinsi Kalimantan Tengah, Dra. Sri Widanarni, S.I.P.,M.Si., dalam pembukaannya mengatakan bahwa pembinaan perpustakaan sekolah diupayakan dilakukan terus- menerus dan terjadwal. Ini penting senantiasa dilakukan. Apalagi, berdasarkan hasil survei yang dilakukan Perpustakaan Nasional tercatat bahwa kondisi layanan perpustakaan sekolah di Kalimantan Tengah berada di urutan ke-21 dari 34 provinsi. Ini menunjukkan bahwa kondisi dan semangat berliterasi di daerah kita masih rendah dan perlu dibangkitkan dan ditingkatkan.

“Keberadaan perpustakaan sekolah sangat berarti bagi penguatan literasi para siswa. Perpustakaan juga harus menjadi tempat yang menyenangkan untuk belajar sepanjang hayat. Kehadiran perpustakaan sekolah yang menyediakan literatur yang beragam dan menarik akan menunjang proses pembelajaran dan penguatan karakater. Berkaitan dengan itu, pemanfaatan akses perpustakaan digital harus lebih ditingkatkan,” tuturnya memotivasi.

Tampak peserta kegiatan pembinaan perpustakaan sekolah menunjukkan antusiasme dalam kegiatan itu. Berbagai materi kegiatan yang mendukung pengelolaan perpustakaan, seperti klarifikasi, katalog, pengorganisasian bahan pustakan, pelestarian, dan pengembangan koleksi pun diikuti dengan penuh semangat sebagai wujud motivasi untuk terus meningkatkan kualitas layanan perpustakaan sebagai bagian untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan penguatan karakter. Dengan makin meningkatnya layanan perpustakaan sekolah, baik secara kuantitas maupun kualitas, kiranya nilai akreditasi sekolah pun turut terangkat menjadi lebih baik. Salam literasi! (L.J.)


Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/u661263715/domains/sman5palangkaraya.sch.id/public_html/wp-includes/functions.php on line 5279

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/u661263715/domains/sman5palangkaraya.sch.id/public_html/wp-includes/functions.php on line 5279