Merdeka! Pulih lebih Cepat, Bangkit lebih Kuat

Meski terlambat karena menanti hujan reda, akhirnya upacara Peringatan HUT kemerdekaan ke-77 Republik Indonesia pada Rabu, 17 Agustus 2022 tetap dapat dilaksanakan. Genangan air yang menggenang di halaman SMAN 5 Palangka Raya tidak menghalangi para siswa, guru dan staf untuk menyesuaikan diri berbaris khidmat mengikuti upacara pada hari bersejarah itu.

Kepala sekolah, Drs. M. Ramli, M.Pd., bertindak selaku pembina upacara. Ia membacakan sambutan Kadisdik Provinsi Kalimantan Tengah, H.A. Syaifudi, S.Pd., M.S.M.

“Mari kita beryukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas nikmat kemerdekaan ini. Semoga kondisi sekarang terus semakin membaik seiring dengan tema peringatan tahun ini yakni, “Pulih lebih cepat, bangkit lebih kuat.”

Upacara Peringatan HUT Kemerdekaan ini merupakan tahun ketiga masih dalam suasana pandemi Covid-19 sejak 2020. Namun, pada 2022 ini upacara dapat berlangsung dengan tatap muka penuh 100% dengan tetap berusaha menerapkan protokol kesehatan. Kondisi ini diharapkan terus membaik dengan terus terbuka menuju suasana normal di berbagai bidang kehidupan.

Menyinggung tentang pendidikan, saat ini paradigma pendidikan telah menuju era merdeka belajar yang membuka bagi kreativitas untuk belajar menjadi lebih baik. Semua potensi yang dimiliki siswa, sekolah dan masyarakat harus terus berubah menjadi lebih baik.

Untuk mewujudkan sekolah sebagai tempat yang menyenangkan dan ramah anak, semua pihak harus berpartisipasi aktif mewujudikan sekolah ramah anak yang terbebas dari segala bentuk perundungan (bullying) dan kekerasan. Ini penting agar anak dapat tumbuh dan berkembang sesuai harkat dan martabatnya sebagai manusia.

Kita sema terus bekerja keras, bekerja cerdas, terus berinovasi untuk percepatan kemajuan pendidikan guna mewujudkan generasi muda yang memiliki karakter religius, nasionalis, gotong royong, integritas, dan mandiri. Jika ini terus dilakukan, tentu upaya mewujudkan Pelajar Pancasila yang berakhlak mulia akan dapat diwujudkan.

Tentu kita juga harus meningkatkan semangat belajar dan bekerja keras dan cerdas untuk meraih prestasi terbaik. Mari kita semua memulihkan kondisi normal lebih cepat dengan bersama-sama bangkit bekerja agar lebih kuat. Semoga dengan kebersamaan dan integritas kita dapat berpartisipasi membangun Kalimantan agar semakin berkah dan Indonesia semakin jaya. Merdeka! (L.J.)


Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/u661263715/domains/sman5palangkaraya.sch.id/public_html/wp-includes/functions.php on line 5279

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/u661263715/domains/sman5palangkaraya.sch.id/public_html/wp-includes/functions.php on line 5279