PAT Moda Daring Bergulir, Siswa Harus Menjaga Integritas

Penilaian Akhir Tahun (PAT) bagi siswa Kelas XII berlangsung mulai hari ini, Senin, 8 Maret 2021. PAT berlangsung secara daring mengingat kondisi pandemi Covid-19 masih belum memungkinkan untuk berlangsung secara tatap muka. Meskipun berlangsung dalam situasi tidak normal, rangkaian persiapan untuk menghadapinya tetap dilakukan demi kelancaran dan kesuksesan.

Mengawali kegiatan PAT, pengarahan secara daring oleh manajemen sekolah dan Panitia PAT pun disampaikan kepada para siswa sekitar pukul 06.30 . Kepala SMAN 5 Palangka Raya, Drs. M. Ramli, M.Pd. mengingatkan agar para siswa mengikuti PAT dengan penuh integritas dan menaati aturan yang berlaku.

“Ikuti PAT dengan penuh integritas. Tetaplah jujur dalam menyelesaikan soal PAT Daring meskipun tanpa kontrol dan pengawasan pengawas. Gunakan hanya satu perangkat laptop atau gawai. Kerjakan secara mandiri dan penuh percaya diri. Hindarkan segala bentuk kecurangan. Kalau memang selama ini tekun mengikuti pembelajaran jarak jauh dan sering mengulang serta selalu mengerjakan tugas, tentu akan siap dan mudah mengikuti PAT,” tuturnya berharap.

Apresiasi juga diberikan kepada panitia dan guru-guru yang telah bekerja keras menyiapkan segala perangkat dan aplikasi, termasuk soal-soal yang telah disusun dalam forum MGMP beberapa waktu yang lalu. Ia berharap kerja sama penuh tanggung jawab dan disiplin mesti terus dibiasakan untuk meraih kualitas yang terbaik.

Lebih lanjut Ketua Panitia PAT yang juga Wakasek Kurikulum, Dra. Yumiasi Tara, M.Si., dan Sekretaris, I Wayan Muliana, S.Pd. menekankan kembali kepada para siswa menaati tata tertib PAT dengan tetap menerapkan protokok kesehatan meskipun berada di rumah masing-masing.

“Pastikan bahwa perangkat kalian, seperti komputer/laptop, telepon selular, dan Tablet PC dapat berfungsi dengan baik. Daya listrik dan paket kuota data juga pastikan tersedia dan cukup serta yakinkan berada di jaringan internet yang lancar. Ini penting agar bisa mengakses aplikasi PAT yang digunakan,” jelasnya mengingatkan.
Untuk mendukung kelancaran PAT, orang tua/wali siswa perlu berpartisipasi dan memberikan dukungan. Mereka perlu tahu bahwa pada tanggal 8, 9, 10, 15, dan 16 Maret 2021 berlangsung PAT Daring dengan rata-rata tiga mata pelajaran per hari yang berlangsung mulai pukul 07.00—16.00. Berkaitan dengan itu, mereka harus memahami serta turut menciptakan suasana kondusif demi kesuksesan putra-putrinya.

Usai kegiatan PAT Moda Daring nanti, rangkaian kegiatan Ujian Sekolah (US) Moda Daring juga akan segera menyusul mulai tanggal 22 Maret hingga 7 April 2021. Para siswa kelas XII harus berusaha dapat mengikuti dengan baik sesuai prosedur dan perangkat yang memadai serta senantiasa menjaga integritas, semangat, dan tetap ketat menerapkan protokol kesehatan. Semoga sukses! (L.J.)


Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/u661263715/domains/sman5palangkaraya.sch.id/public_html/wp-includes/functions.php on line 5279

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/u661263715/domains/sman5palangkaraya.sch.id/public_html/wp-includes/functions.php on line 5279