Pelepasan Daring Siswa Kelas XII: Jadilah Generasi Berkarakter

Tak hanya Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) yang digelar secara virtual, pelepasan siswa pun dilakukan secara daring. Hanya terbatas mereka yang hadir langsung di ruang laboratorium komputer, yakni kepala sekolah, para wakasek, perwakilan wali kelas/guru, dan perwakilan siswa. Puluhan guru dan ratusan siswa tetap hadir secara virtual dari rumah saja.

Inilah Pelepasan Daring Siswa Kelas XII Siswa SMAN 5 Palangka Raya Tahun Pelajaran 2020/2021 pada Senin, 3 Mei 2021. Meski kondisi pandemi Covid-19 membuat serba terbatas dan harus menerapkan protokol kesehatan, suasana penuh harap, haru, senang, dan mungkin sedikit gamang, kiranya menyatu. Apalagi, setelah pelepasan siswa juga akan membuka pengumuman kelulusan melalui laman (website) sekolah.

Kepala SMAN 5 Palangka Raya mengucapkan selamat kepada para siswa kelas XII yang berjumlah 248 dari tujuh kelas yang hari ini resmi dilepas. Ia juga menyampaikan selamat kepada puluhan siswa yang diterima di perguruan tinggi melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). Para siswa diharapkan dapat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi atau sekolah kedinasan melalui jalur yang dipilihnya. Ia juga berharap siswa tetap meningkatkan semangat belajar setelah meninggalkan sekolah ini.

“Belajarlah terus untuk meraih prestasi dan cita-cita yang membawa kebaikan dan nama harum bagi diri kalian, keluarga, sekolah, dan masyarakat. Tingkatkan penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi informasi. Penguasaan teknologi informasi menjadi bagian yang sangat penting untuk belajar, bekerja, dan meraih prestasi serta bisa turut berbagi,” pesannya.elee

Lebih lanjut Ramli menekankan agar para siswa harus tetap menguatkan karakter. Menurutnya, pintar dan punya kompetensi saja tidak cukup. Setiap pribadi harus memiliki karakter yang baik agar dapat diterima dan bermanfaat bagi orang lain serta masyarakat luas.

“Selain itu kebiasaan membaca sebagai bagian dari budaya literasi juga harus ditingkatkan para siswa. Ketika melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi, semangat untuk banyak belajar dan membaca tentu harus lebih ditingkatkan untuk mewujudkan pribadi yang mahir, terampil, mampu bersaing, dan siap menghadapi berbagai tantangan,” imbuhnya.
Tak kalah penting, para siswa yang dinyatakan lulus agar tetap bersyukur secara cerdas dan bijak. Ramli mengimbau siswa untuk tidak melakukan aksi yang tidak baik dan tidak bermanfaat, seperti melakukan konvoi, coret-coret seragam dan tempat umum.

“Silakan kalian sumbangkan seragam dan sepatu kalian yang masih layak pakai kepada adik-adik kelas yang membutuhkan. Tentu itu lebih baik serta memiliki nilai ibadah. Mari biasakan bersyukur dan bergembira secara wajar dan santun serta berkarakter. Apalagi, saat ini kita masih dalam situasi pandemi Covid-19 yang memprihatikan. Kita harus tetap menerapkan protokol kesehatan,” tegasnya.

Binar haru berbaur riang melengkapi pelepasan daring. Dua siswa yang tercatat memiliki prestasi hadir langsung dan menerima selempang penghargaan dan bingkisan yang diserahkan kepala sekolah dan Tim Biaya Penyelenggaraan Pendidikan (BP2). Mereka berdua kebetulan berasal dari kelas yang sama, yakni XII MIPA-3, yakni George Arietama sebagai Siswa Berprestasi Akademik, dan Dea Vista Natalia sebagai Siswa Berprestasi Nonakademik.

Selamat untuk seluruh siswa kelas XII yang telah dilepas secara daring. Semoga kelulusan yang berlanjut dengan menempuh pendidikan tinggi dapat terus diperjuangkan dan diraih. Jika ada yang belum lulus, peluang belajar lebih giat lagi pun terbuka lebar karena sekolah selalu mencintai dan siap memfasilitasi serta membimbing para siswa yang mau terus belajar. Sukses! (L.J.)


Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/u661263715/domains/sman5palangkaraya.sch.id/public_html/wp-includes/functions.php on line 5279

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/u661263715/domains/sman5palangkaraya.sch.id/public_html/wp-includes/functions.php on line 5279