Pengajiannya Berhikmah, Kuisnya Berhadiah

Pengajian bulanan Rohis SMAN 5 Palangka Raya kembali digelar di aula pada Jumat, 20 Januari 2023. Suasana khidmat, semarak, dan heboh berselang-seling serta membaur. Ratusan siswa dan guru hadir dan duduk bersila membaca Al-Qur’an dan menyimak tausiah berlanjut berebut menjawab kuis berhadiah.

Membuka pengajian, Kepala sekolah, Drs. M. Ramli, M.Pd., mewanti-wanti para siswa untuk senantiasa menjadi pribadi yang berakhlak mulia atau berkarakter unggul. Pribadi yang berakhlak itu harus diterapkan dalam kehidupan sehari-sehari, termasuk dalam aktivitas bermedia sosial.

Al-Ustaz Muhammad Sufyan yang diundang khusus memberikan tausiah tentang empat hal yang harus senantiasa dijaga dalam kehidupan sehari-hari. Ustaz muda alumni Ma’had Darul Musthofa Hadramaut itu mengajak para siswa untuk menjaga waktu, menjaga pertemanan, menjaga adab, dan menjaga hati.

Kita harus menggunakan waktu yang terus berlalu untuk menimba ilmu dan berbuat kebaikan. Jangan berlama-lama bermain game dan kesenangan yang melenakan. Masih banyak hal bermanfaat yang harus digunakan untuk membangun kebaikan di dunia dan akhirat.

Kita juga harus menjaga pertemanan. Menjaga pertemanan bukan berarti membeda-bedakan. Teman yang baik adalah teman yang mau mengingatkan dan memperbaiki kesalahan kita. Dengan demikian, berteman akan menambah kebaikan.

Menjaga adab juga penting sebagai manusia. Kita harus selalu menjaga adab kepada sesama manusia dan sesama makhluk. Menjaga adab akan mengarahkan kita untuk menjadi sosok yang berakhlak mulia.

Hati juga harus senantiasa dijaga karena dapat menggerakkan pikiran dan tindakan kita. Menjaga hati dengan terus mendekatkan diri kepada Allah SWT agar dijauhkan dari sifat sombong, dengki, dendam, dan sifat tercela lainnya. Mari jaga hati dengan terus mengarahkan segala niat untuk selalu berbuat kebaikan.

Usai pengajian, tentu ada hikmah yang dipetik dari pengajian untuk diamalkan. Tak hanya hikmah, kuis berhadiah yang diadakan Rohis pun kian menarik perhatian. Ustaz langsung memberikan pertanyaan terkait tausiah yang baru disampaikan.

Semangat para berdiri mengacungkan tangan. Beberapa siswa berkesempatan menjawab dengan benar. Maka bingkisan hadiah pun didapatkan. Semarak aplaus pun terdengar. Semoga pengajian membawa hikmah di samping kuis yang telah membagikan hadiah. Wallahualam bissawab. (LJ)


Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/u661263715/domains/sman5palangkaraya.sch.id/public_html/wp-includes/functions.php on line 5279

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/u661263715/domains/sman5palangkaraya.sch.id/public_html/wp-includes/functions.php on line 5279