Plt. Kadisdik Hadiri Upacara Virtual SMAN 5 Palangka Raya: Tetaplah Berjuang di Tengah Pandemi dengan Penguatan Karakter

Pandemi Covid-19 yang belum juga berakhir. Kegiatan pembelajaran jarak jauh masih harus berlangsung. Semangat harus terus dibangkitkan dan dikuatkan. Pembinaan karakter disiplin harus terus dilakukan, salah satunya melalui upacara secara virtual.

Ada yang berbeda upacara virtual Senin, 15 Februari 2021di SMAN 5 Palangka Raya kali ini. Plt. Kadisdik Provinsi Kalimantan Tengah, H.A. Syaifudi hadir langsung di sekolah dan bertindak sebagai pembina upacara. Tentu selain itu, kepala sekolah, wakasek, beberapa guru, dan siswa yang bertugas hadir langsung pula meski secara terbatas karena harus menjadi petugas upacara.

Upacara tetap berlangsung dengan khidmat dalam kehangatan pagi yang cerah meski tak semeriah dalam kondisi normal. Amanat pembina upacara memberikan pencerahan sekaligus evaluasi kegiatan pembelajaran jarak jauh (PJJ) yang masih harus terus ditingkatkan kedisiplinan dan keefektifannya.

“Hasil evaluasi PJJ yang telah berlangsung selama semester ganjil menunjukkan bahwa tingkat kehadiran siswa di SMA/SMK di Kalimantan Tengah masih sangat perlu ditingkatkan. Masih ada sebagian siswa yang harus ditingkatkan keaktifannya untuk mengikuti pembelajaran dengan baik. Keaktifan dalam pembelajaran dapat berimbas kepada pencapaian target kurikulum. Oleh karena itu, di semester genap ini kita harus lebih bersemangat dan berdisiplin lagi mengikuti dan melaksanakan pembelajaran. Apalagi, dalam semester genap ini para siswa kelas X dan XI akan mengikuti Penilaian Akhir Semester yang menentukan kenaikan kelas dan siswa kelas XII akan mengikuti Ujian Sekolah yang menentukan kelulusan nanti,” tutur Syaifudi.

Harus disadari bahwa saat ini kita masih terus berjuang menyesuikan diri di tengah pandemi Covid-19 yang entah kapan berakhir. Perlu tekad, disiplin, semangat, dan kerja sama yang baik untuk memelihara kesungguhan untuk tetap bekerja dan belajar dengan baik. Pandemi tidak boleh menyurutkan target pencapaian kurikulum meskipun dalam kondisi khusus. Para siswa tetap harus menyelesaikan tugas-tugas, portofolio, dan evaluasi di samping menunjukkan kegigihan dalam mengikuti pembelajaran.

Berkaitan dengan itu, penguatan karakter siswa tetap harus disentuh dalam kegiatan pembelajaran. Memang saat ini tidak mudah untuk mengontrol kondisi siswa yang sesungguhnya. Oleh karena itu, pembinaan karakter siswa dalam pembelajaran yang terbatas harus terus dilakukan termasuk pelibatan partisipasi aktif orang tua.

Menyinggung Ujian Sekolah untuk siswa kelas XII yang direncanakan akan berlangsung bulan Maret, sekolah bisa mempersiapkannya sejak sekarang. Jika memungkinkan, bisa dipertimbangkan untuk diselenggarakan secara tatap muka terbatas dengan tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes) secara ketat. Jika sekolah dapat memenuhi syarat dan prokes ketat serta mendapat izin dari Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, bisa dipertimbangkan untuk melaksanakannya.

Usai upacara, ada acara tambahan yang cukup istimewa dan perlu dicatat. Dua guru senior sekolah ini yang telah dan segera memasuki masa purnatugas, yakni Dra. Tjiliwati dan Nampung, S.Pd. yang hadir langsung menerima sertifikat penghargaan dan bingkisan khusus. Plt. Kadisdik Provinsi Kalimantan Tengah, H.A. Syaifudi didampingi Kepala SMAN Palangka Raya, Drs. M. Ramli, M.Pd. pun berkenan menyerahkan kepada kedua guru yang telah memberikan dedikasi terbaiknya selama ini.

“Terima kasih dan selamat untuk Bu Tjiliwati dan Pak Nampung yang telah mengabdi penuh disiplin dan keteladanan hingga purnatugas. Semoga tetap sehat dan tetap bisa menjalin silaturahmi dan memberikan saran terbaik untuk kemajuan sekolah. Kita semua yang hadir di sini juga harus bertekad dan berdoa semoga kita pun bisa bekerja sampai purnatugas. Kita yang masih bekerja sekarang belum tentu akan sampai pada masa purnatugas. Oleh karena itu, teruslah bekerja dan belajar dengan ikhlas dan penuh semangat,” katanya memotivasi. (L.J.)


Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/u661263715/domains/sman5palangkaraya.sch.id/public_html/wp-includes/functions.php on line 5279

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/u661263715/domains/sman5palangkaraya.sch.id/public_html/wp-includes/functions.php on line 5279