Tunaikan Kewajiban, Dapatkan Hak

SMAN 5 Palangka Raya kembali menggelar upacara secara daring pada Senin, 25 Januari 2021. Upacara diikuti oleh puluhan guru dan ratusan siswa dari ruang virtual rumah masing-masing. Hanya sebagian saja yang hadir yang di sekolah secara terbatas karena harus bertugas sebagai petugas upacara dan pembina upacara. Pandemi Covid-19 memang masih menahan kita untuk bersabar dan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Kali ini Wakasek Kesiswaan, Jonkenedy, M.Pd. tampil sebagai pembina upacara. Dengan tetap mengenakan masker di depan pelantang (mikrofon) ia menyuarakan amanatnya tentang pentingnya mengikuti upacara bagi para siswa. Menurutnya, upacara bendera setiap Senin pagi merupakan bagian dari pembinaan karakter wajib diikuti oleh para siswa. Melalui upacara kita bisa menguatkan karakter kebangsaan dan cinta tanah air. Dengan upacara kita juga terus menguatkan karakter disiplin.

“Jadi, upacara ini wajib diikuti oleh para siswa sebagai wujud karakter disiplin kita. Kalau kita sengaja tidak mengikuti upacara dapat dimaknai nilai karakter kita masih belum baik dan perlu ditingkatkan,” katanya.

Kegiatan siswa untuk aktif dalam pembelajaran jarak jauh (PJJ) juga kembali diingatkan. Siswa harus bisa menyesuikan kondisi saat dengan tetap aktif belajar dan menyelesaikan semua tugas mata pelajaran untuk meraih kompetensi yang diharapkan dan meningkatkan prestasi. Situasi pandemi hendaknya membuat siswa kreatif dan penuh inisiatif untuk tetap aktif belajar.

Tak ketinggalan, Jonkenedy juga mengingatkan siswa senantiasa menunaikan kewajiban di samping menggunakan haknya sebagai siswa untuk mendapatkan layanan pendidikan.

“Kami senantiasa mengingatkan kalian para siswa untuk menunaikan kewajiban administrasi sekolah. Iuran BP2, iuran OSIS, dan iuran perpustakaan tetap harus ditunaikan setiap bulan. Ini perlu agar dilakukan untuk mendukung aktivitas sekolah, seperti pemeliharaan dan pengelolaan fasilitas serta layanan pembelajaran jarak jauh, termasuk kegiatan siswa meskipun masih dilakukan secara terbatas,” tegasnya. (L.J.)


Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/u661263715/domains/sman5palangkaraya.sch.id/public_html/wp-includes/functions.php on line 5279

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/u661263715/domains/sman5palangkaraya.sch.id/public_html/wp-includes/functions.php on line 5279