Upacara Virtual: Tingkatkan Disiplin dalam Pembelajaran Jarak Jauh

Tidak ada alasan untuk lalai dan bermalas-malasan. Justru semangat belajar harus ditingkatkan meskipun masih dari rumah saja. Semester genap sudah berjalan dua bulan. Waktu terus berlalu, saatnya Ujian Sekolah dan Penilaian Akhir Tahun Pelajaran juga semakin mendekat. Pandemi Covid-19 tidak menjadi alasan bagi kita untuk melemahkan kewajiban belajar dan melaksanakan tugas.

Begitulah inti amanat dalam upacara Senin, 22 Februari 2021. Wakasek Urusan Kurikulum, Dra. Yumiasi Tara, M.Si., yang bertindak sebagai pembina upacara virtual itu mengingatkan agar siswa tidak mencari-cari alasan untuk tidak mengikuti Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ).

“Tunjukkan dan tingkatkan kedisiplinan untuk hadir dalam pembelajaran daring. Jangan sampai ada yang tidak pernah unjuk kehadiran dalam tatap daring. Kalian cukup dari rumah saja, tidak perlu berangkat ke sekolah. Pencapaian hasil belajar di kelas X dan kelas XI turut menentukan keberhasilan belajar di kelas XII. Apalagi jika siswa ingin memasuki Perguruan Tinggi Negeri melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). Jadi, tidak ada alasan untuk tidak aktif dalam PJJ. Apalagi, Kemdikbud juga sudah membagikan kuota belajar gratis kepada para siswa,” tegasnya mengingatkan.

Lebih lanjut, ia mengingatkan bahwa tingkat kehadiran menjadi salah satu penilaian kedisiplinan. Selain itu, siswa harus selalu menyelesaikan tugas-tugas mata pelajaran untuk meraih kompetensi yang diharapkan. Tentu saja itu juga akan dinilai yang akan menentukan hasil belajar.

Khusus untuk siswa kelas XII, ia mengingatkan bahwa rangkaian kegiatan Penilaian Akhir Tahun (PAT) dan Ujian Sekolah (US) sudah sangat dekat dan akan berlangsung mulai bulan Maret 2021. Siswa harus benar-benar fokus menyiapkan diri untuk mengikutinya. Ini sangat penting untuk meraih kelulusan terbaik sekaligus persiapan melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi atau sekolah kedinasan yang diidam-idamkan.

Semoga semangat belajar dan bekerja di tengah pandemi Covid-19 tetap terjaga. Siswa tetap belajar penuh semangat dan para pendidik terus bekerja secara kreatif dan sabar dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. Salam sehat! (L.J.)


Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/u661263715/domains/sman5palangkaraya.sch.id/public_html/wp-includes/functions.php on line 5279

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/u661263715/domains/sman5palangkaraya.sch.id/public_html/wp-includes/functions.php on line 5279