Plt. Kadisdik Motivasi Siswa Ikuti US Moda Daring Penuh Integritas

Ujian Sekolah (US) Moda Daring memasuki hari kedua. Kondisi Pandemi Covid-19 mengharuskan kegiatan US tidak bisa dilakukan seperti dalam kondisi normal. US Moda Daring bagi siswa kelas XII SMAN 5 Palangka Raya yang berlangsung tanggal 29 Maret—7 April 2021 di SMAN Palangka Raya.

Selasa, 30 Maret 2021, Plt. Kadisdik Provinsi Kalimantan Tengah, H.A. Syaifudi berkenan hadir dan memantau pelaksanaan US Moda Daring di sekolah ini, tepatnya di laboratorium komputer yang menjadi ruang Sekretariat Panitia US Moda Daring. Kehadirannya juga disertai Pengawas Pembina, Dr. Rusnani, M.Pd. dan beberapa staf. Di depan layar virtual, ia memotivasi agar semua siswa dapat mengikuti US Moda Daring dengan penuh integritas dan disiplin.

“Para siswa sekolah ini secara umum dikenal memiliki karakter yang baik serta disiplin dalam belajar. Nah, dalam dalam Ujian Sekolah Moda Daring ini tunjukkan bahwa kalian dapat mengikutinya dengan tertib, sungguh-sungguh, dan jujur. Raihlah kompetensi dan prestasi terbaik dengan mematuhi tata tertib ujian yang berlaku. Meskipun tidak terpantau secara langsung, tunjukkan keseriusan kalian agar dapat meraih prestasi terbaik,” tuturnya didampingi Kepala SMAN 5 Palangka Raya, Drs. M. Ramli, M.Pd.

Berkaitan dengan kondisi pandemi Covid-19 yang belum berakhir, Syaifudi mengingatkan bahwa saat ini banyak anak-anak atau siswa yang berstatus sebagai Orang Tanpa Gejala (OTG). Kondisi fisik dan imunnya mungkin baik, tetapi punya potensi membawa virus dan menyebarkan kepada orang lain. Oleh karena itu, tim Satgas Penanggulangan Covid-19 mendukung agar pelaksanaan US tetap berlangsung secara daring tanpa kehadiran siswa ke sekolah. Ini berarti para siswa juga harus tetap taat dan peduli menerapkan protokol kesehatan.

Meskipun mengikuti US Moda Daring dari rumah masing-masing, para siswa harus tetap serius mengikutinya secara disiplin. Meskipun waktu yang diberikan cukup lama karena dalam satu hari berlangsung pukul 07.00—14.00 untuk dua mata pelajaran, tetapi lebih baik mengerjakan segera di awal waktu tanpa menunda-nunda. Meskipun tidak dalam kontrol guru atau pengawas secara langsung, para siswa tetap harus mengedapankan karakter jujur dalam dan penuh integritas dalam upaya meraih kesuksesan. Selain itu, Para siswa juga harus tetap menerapkan protokol kesehatan dengan penuh kesadaran mencegah persebaran Covid-19 dan untuk kesehatan kita semua.

“Terakhir saya ingatkan, jadilah siswa yang punya masa depan dan sedang membangun masa depan dengan penuh semangat. Sampaikan kepada orang tua atau wali bahwa selama beberapa hari ke depan sesuai jadwal kalian sedang mengikuti US Moda Daring. Mohonlah dukungan mereka untuk selalu diingatkan dan didoakan dalam menempuhnya dengan baik agar dapat menggapai kesuksesan,” katanya mengakhiri pesan kepada para siswa. (L.J.)