Kelola Emosi dan Bangkitkan Percaya Diri, Siswa Ikuti Lomba Baca Puisi

Salah satu cara mengelola emosi dan membangkitkan kepercayaan diri adalah dengan membaca puisi. Kegiatan ini melibatkan kepekaan mengelola emosi. Penafsiran dan penghayatan terhadap puisi dapat mengalirkan perasaan dan pikiran menjadi lebih peka, imajinatif, dan apresiatif terhadap ragam penafsiran.

Kepercayaan diri untuk tampil secara wajar dan positif juga dapat dibangkitkan melalui baca puisi. Kejelasan bertutur dengan gesture wajar dan mengekspresikan penghayatan yang terkendali serta melancarkan literasi komunikasi juga dapat dibangkitkan lewat baca puisi.

Tentu, siswa pun dapat belajar mengelola emosi dan membangkitkan rasa percaya diri dengan membaca puisi. Untuk lebih membangkitkan rasa itu, membaca puisi dalam lomba tentu bisa diikuti.

Berkaitan dengan itu, siswa SMAN 5 Palangka yang tergabung dalam Ekskul Jurnalistik dan Sastra pun mengikuti Lomba Baca Puisi. Kegiatan itu diikuti pada Sabtu, 18 Februari 2023 di Padepokan Seni Cafe Gerai Parei. Lomba Baca Puisi itu diikuti oleh mahasiswa dan siswa di Kota Palangka Raya.

Meskipun masih pemula yang tentu harus terus belajar tanpa henti, tiga siswi sekolah ini tetap mencatatkan prestasi. Najma Azkia kelas XI MIPA-5 berhasil meraih juara II. Laura Betaria Naomi Manullang kelas XI MIPA-7 berhasil meraih juara harapan I dan Rabi Annisa kelas XI MIPA-1 memperoleh Juara Harapan II. Selamat dan salam literasi! (LJ)