Selaraskan Hak dan Kewajiban

Senin pagi cerah, 6 Maret 2023 upacara berlangsung khidmat. Halaman sekolah yang agak basah oleh sisa hujan kemarin tidak menurunkan semangat untuk melaksanakan aktivitas rutin.

Pembina upacara, Kasih, S.P.A.K., mengimbau siswa dan rekan tenaga pendidik SMAN 5 Palangka Raya untuk terus meningkatkan disiplin dalam proses belajar mengajar. Selain itu, evaluasi diri untuk mengetahui kelemahan diri juga perlu dilakukan.

“Siswa kelas XII yang telah dan mengikuti uji coba (try out) USBK dan Penilaian Subsumatif perlu mengevaluasi diri. Perhatikan hasilnya bahwa masih perlu perbaikan dan usaha sungguh-sungguh. Untuk mendapatkan hasil yang baik dan terbaik harus ada kemauan belajar keras dan disiplin,” tegasnya.

Menyinggung kegiatan PBM yang masih ada jam kosong, ia mengingatkan agar siswa kelas X dan XI berinisiatif mengingatkan guru untuk hadir membimbing ke kelas. Ia juga mengajak kepada rekan pendidik untuk lebih bertanggung jawab melaksanakan tugasnya agar bisa selaras antara hak dan kewajibannya.

Mengutip pendapat salah satu mending Presiden AS, John F. Kennedy, yang berbunyi kurang lebih “Jangan tanyakan apa yang negara berikan kepadamu tetapi tanyakan apa yang telah engkau berikan kepada negaramu”, ia mengajak agar para pendidik bisa memberikan keteladanan dalam disiplin dan tanggung dalam melaksanakan tugasnya.

Memang kita semua, baik siswa maupun guru harus sadar melaksanakan kewajibannya dan tidak hanya menuntut hak. Kewajiban dan hak harus selaras dilaksanakan dan diperoleh agar bisa tercipta harmonisasi. (LJ)