Berani Berkurban Tingkatkan Ketakwaan dan Pererat Kebersamaan

Kembali Musala Baitul Haq SMAN 5 Palangka Raya pada Iduladha 1444 H melaksanakan ibadah kurban pada Jumat, 30 Juni 2023. Mengusung tema “Dengan Berkurban Kita Tingkatkan Takwa kepada Allah Swt.”, dua ekor sapi pun dipotong di samping musala kompleks sekolah yang terposisi di Jalan Tingang Km 3,5 ini.

Kepala sekolah, Drs. M. Ramli, M.Pd. yang hadir langsung di lokasi menyatakan bahwa ibadah kurban yang dilaksanakan ini adalah wujud keberanian, kebersamaan, dan kepedulian guru dan staf serta pihak di luar sekolah yang turut berkontribusi. Seekor sapi merupakan hasil iuran kurban beberapa guru dan putra-putrinya, termasuk dari rekan sekolah. Sekor sapi lainnya merupakan sumbangan Wali Kota Palangka Raya.

Ramli menjelas bahwa pelaksanaan ibadah kurban di sekolah yang dipimpinnya sudah berlangsung selama tiga tahun terakhir. Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi bagian dari syiar Islam di sekolah ini untuk meningkatkan ketakwaan terhadap Allah SWT dan kepedulian sosial. Daging kurban yang dikelola panitia ini disalurkan kepada keluarga besar sekolah, masyarakat sekitar, dan siswa.

“Kami berterima kasih juga kepada Wali Kota Palangka Raya yang telah memberikan sumbangan seekor sapi. Semoga semangat berani berkurban dan peduli sosial dapat meningkatkan takwa, mendapatkan hikmah, dan meraih berkah. Kita berharap pada tahun depan akan makin punya kemampuan dan kemauan untuk melaksanakan ibadah kurban. Silakan bagi siapa saja, misalnya orang tua siswa, instansi, dinas atau masyarakat yang berniat berkurban dengan memberikan kepercayaan kepada sekolah ini untuk mengelola dan menyalurkan, insyaallah kami akan siap melaksanakan amanah itu,” tuturnya.

Pada suasana pagi yang cerah hangat itu, penyembelihan hewan kurban dihadiri langsung beberapa guru, wakasek, dan staf yang bertindak sebagai panitia. Siswa yang yang tergabung dalam Rohani Islam (Rohis) pun turut berpartisipasi langsung membantu dengan penuh antusiasme.

Tentu kita semua berharap, semoga ibadah kurban yang digelar musala Baitul Haq SMAN 5 Palangka Raya semakin meningkatkan ketakwaan kita kepada Allah Swt. dan meningkatkan kepedulian serta kebersamaan sesama insan. Aamiin. (LJ)