Wujudkan Merdeka Belajar di Sekolah Tanpa Perundungan

Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) bagi siswa baru sudah selesai. Hari ini, Senin, 17 Juli 2023 siswa baru dan siswa lama sudah siap mengikuti kegiatan pembelajaran pada tahun pelajaran 2023/2024. Upacara bendera pun mengawali kegiatan di SMAN 5 Palangka Raya.

Bertugas sebagai pembina upacara adalah Wakasek Kurikulum, Kasih, S.P.A.K. Dalam amanatnya ia mengajak agar semua siswa, guru, dan tenaga kependidikan mau menunjukkan semangat baru dan lebih disiplin. Semangat baru yang lebih baik, kreatif, dan inovatif akan mendukung warga sekolah lebih siap melaksanakan kurikulum merdeka untuk mewujudkan visi dan misi sekolah dan mencapai tujuan pendidikan.

Kebersamaan juga harus tetap dijaga dengan sikap saling menghargai. Ini penting untuk menjaga solidaritas di dalam bingkai kebinekaan.

Siswa juga harus berpartisipasi aktif memelihara sarana prasarana belajar yang tidak sedikit biaya pengadaannya. Jika sarpras tetap awet dan baik, belajar akan lebih nyaman dan efisien.

Hal yang juga sangat penting siswa juga harus mencegah segala bentuk perundungan (bullying) di sekolah. Semua harus menciptakan iklim yang ramah, damai, dan menentramkan. Sikap saling menghargai dan menjaga harus ditunjukkan dan diwujudkan agar kondisi sekolah tetap kondusif, aman, dan nyaman sehingga memberikan ruang merdeka untuk belajar dan bekerja lebih efektif dan produktif. (LJ)