Bersikaplah Bijak dan Gunakanlah Sarana Prasarana Sekolah Sebaik-baiknya

Pembina upacara, Wakasek Sarana dan Prasarana, Endar Priyo Sulistiyo, S.Pd., pada Senin, 31 Juli 2023 di halaman SMAN 5 Palangka Raya menekankan agar seluruh warga sekolah selalu berkata, bersikap, dan bertindak dengan baik. Jika itu dilakukan, tentu akan tercipta suasana sekolah yang aman dan menyenangkan.

“Lebih dari 90 tahun yang lalu tokoh pendidikan Indonesia, yakni Ki Hadjar Dewantara menekankan bahwa sekolah harus menjadi sebuah taman yang indah dan menyenangkan,” tuturnya.

Berkaitan dengan itu, untuk menciptakan sekolah yang menyenangkan adalah dengan selalu menjaga kebersihan dan menggunakan serta merawat sarana prasarana yang ada di sekolah dengan sebaik-baiknya. Listrik, komputer, Meja, kursi, pompa air, dan sebagainya harus digunakan dengan baik dan semestinya.

“Kita semua perlu menghemat sumber daya listrik yang ada di sekolah ini yang masih terbatas dan perlu terus ditingkatkan. Efektifkan pengisian daya baterai di gawai atau ponsel dengan prioritas untuk belajar dan menyelesaikan tugas,” tegas guru mapel Sejarah itu.

“Mari kita gunakan dan jaga sebaik-baiknya fasilitas yang ada. Jangan merusaknya. Duduklah di kursi dengan baik sambil belajar. Tutup keran air jika tidak diperlukan agar air lebih hemat dan pompa air lebih awet dan terjaga,” tegasnya kepada lebih dari 1000 siswa yang berbaris rapi itu.

Lebih lanjut, siswa dan warga sekolah harus saling menghargai satu sama lain. Kegiatan pembelajaran dan aktivitas di sekolah serta di mana pun harus menyenangkan dan menenteramkan. Oleh karena itu, berkata, bersikap, dan bertindak yang baik tentu akan menghadirkan suasana yang aman, nyaman, dan menyenangkan. ( LJ)