Jadilah Siswa yang Bijak dan Cerdas dalam Bermedia Sosial

Saat ini media sosial hampir tak pernah lepas dari kehidupan manusia. Setiap hari kita selalu menggunakan media sosial untuk berkomunikasi, berbagi informasi, belajar, bekerja, dan berbagai aktivitas lainnya.

Perangkat bermedia sosial berupa gawai (gadget) dengan beragam tipe juga sudah kita miliki. Kita juga sudah terbiasa menggunakannya.

Tentu banyak hal positif dari penggunaan media sosial. Namun, sisi positif yang buruk dan menimbulkan dampak buruk juga tidak sedikit. Oleh karena itu, bijak dan cerdas menggunakan media sosial harus kita lakukan.

Upaya untuk membuat generasi muda, khususnya para siswa bijak dan cerdas bermedia sosial, Tim Humas Polda Kalteng memberikan sosialisasi Bijak Bermedia Sosial kepada siswa kelas X SMAN 5 Palangka Raya. Kegiatan yang digelar di aula sekolah itu pada Kamis, 10 Agustus 2023 ini diikuti oleh hampir 200 siswa kelas X-1, X-2, X-3, X-4, dan X-6.

Melalui kegiatan ini siswa diingatkan secara tegas agar berhati-hati dan waspada menggunakan perangkat media sosial. Hal-hal yang harus diwaspadai di media sosial di antaranya adalah hoaks, pornografi, perjudian, penipuan, ujaran kebencian, dan sentimen SARA. Sudah cukup banyak peristiwa yang meresahkan dan merugikan karena penggunaan media sosial yang tidak bijak. Siswa harus berhati-hati dalam menonton, menyimpan, menerima, dan menggunggah konten apa pun pun di media sosial.

Siswa harus bijak dan cerdas menggunakan media sosial agar tidak tergelincir ke hal-hal yang buruk, negatif, merugikan, dan sia-sia. Media sosial harus digunakan untuk membawa kebaikan, meningkatkan pengetahuan dan keterampilan yang baik dan bermanfaat, serta menciptakan ketenteraman di masyarakat.

Bijak menggunakan media sosial tentu akan membuat siswa bertambah cerdas, berkarakter, dan berkemajuan. Oleh karena itu, jadilah siswa dan generasi muda yang senantiasa bijak dan cerdas di era teknologi informasi yang penuh dengan dinamika ini. (LJ)