Berpikir Jernih Cegah Selisih, Ikuti Perubahan untuk Kebaikan

Senin, 28 Agustus 2023 berlangsung upacara di halaman SMAN 5 Palangka Raya dengan penuh khidmat. Meski cuaca kemarau sudah mulai menghadirkan kabut asap efek kebakaran hutan dan lahan, rutinitas upacara ini belum terganggu.

Pembina upacara, Prima Lastoma, S.S., menyampaikan amanat kepada para siswa. Tampak para guru dan staf juga ikut menyimaknya.

Dalam amanatnya Prima Lastoma mengimbau semua siswa selalu mengedepankan pikiran yang jernih dan tidak emosional dalam menghadapi masalah. Siswa bisa berkonsultasi dengan guru, wali kelas, dan orang tua jika menghadapi masalah. Niat baik harus diwujudkan untuk menyelesaikan masalah.

“Dalam dinamika dan interaksi sesama kita merupakan hal yang wajar jika kadang-kadang terjadi masalah yang mengganggu pikiran dan meletupkan emosi. Namun, setiap masalah tetap harus diselesaikan dengan baik dan menenteramkan tanpa menimbulkan masalah baru. Jadi, mari kita berpikir positif serta bersikap dan bertindak bijaksana dalam menghadapi dan menyelesaikan masalah,” tuturnya memotivasi.

Selamjut, guru Bahasa Prancis itu juga mengamanati siswa untuk mengikuti perubahan yang begitu cepat dengan mengambil hal positifnya. Sebagai generasi milenial, siswa harus cerdas memilah yang baik dan buruk. Tentu siswa harus menentukan yang baik dan mencegah yang buruk.

“Perubahan global yang terus terjadi secara dinamis adalah suatu keniscayaan. Mari ikuti perubahan untuk meraih kompetensi dan prestasi serta kebaikan. Jadilah siswa yang bisa menepati janji siswa tak sekadar berucap, tetapi harus bersikap dan bertindak nyata untuk menjadi generasi yang berkarakter mulia,” katanya menegaskan. (LJ)