Siswa SMAN 5 Palangka Raya Ikuti Sosialisasi dan Pendampingan Pendaftaran UKBI

Kurang lebih 200 siswa kelas XI SMAN 5 Palangka Raya ikuti Sosialisasi dan Pendampingan Pendaftaran Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI) Adaptif Merdeka. Kegiatan yang digelar Balai Bahasa Provinsi Kalimantan Tengah ini berlangsung Selasa, 29 Agustus 2023 di aula sekolah.

Kepala SMAN 5 Palangka Raya, Drs. M. Ramli, M.Pd., melalui Wakasek Humas dan Publikasi, Lukman Juhara, menyambut baik kegiatan ini. Ia menegaskan kepada para siswa untuk mengikuti rangkaian kegiatan sosialisasi dan juga mengikuti petunjuk proses pendaftaran UKBI dengan saksama agar nanti dapat mengikuti UKBI dengan sebaik-baiknya.

“Mudahan-mudahan dengan mengikuti UKBI nanti kalian akan memiliki pengalaman yang positif dan menantang untuk menguji kemahiran berbahasa Indonesia. Melalui kegiatan ini kalian akan bisa berintrospeksi seberapa kemahiran dalam mendengarkan, merespons kaidah kebahasaan, dan membaca teks, bahkan bisa sampai menulis dan berbicar.. Semoga dengan kegiatan ini kita semua semakin kuat motivasinya untuk menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar untuk berkomunikasi secara efektif.”

Berikutnya, Tim UKBI Balai Bahasa Provinsi Kalimantan Tengah (BBPKT), Arum dan kawan-kawan, menjelaskan bahwa UKBI Adaptif Merdeka adalah salah satu program Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan, Riset, dan Teknologi berupa ujian untuk mengukur kemahiran berbahasa penutur bahasa Indonesia dengan bentuk tes kemahiran berbahasa Indonesia seseorang.

Melalui UKBI, kemahiran berbahasa Indonesia seorang penutur diuji melalui seksi uji mendengarkan, merespons kaidah, membaca, menulis, dan berbicara. Untuk siswa peserta UKBI Adaptif Merdeka cukup tiga seksi uji yang dapat diikuti, yakni mendengarkan, merespons kaidah, dan membaca.

Ada beberapa manfaat yang dapat diperoleh peserta termasuk para siswa yang mengikuti UKBI. Peserta UKBI dapat mengevaluasi dan memotivasi dirinya untuk terus meningkatkan kemahiran berbahasa Indonesia. Melalui kegiatan ini peserta juga dapat meningkatkan kualitas diri. Peserta kegiatan ini juga dapat memanfaatkan hasil UKBI untuk mengikuti seleksi penerimaan beasiswa atau masuk perguruan tinggi atau organisasi yang mensyaratkan peserta memiliki sertifikat UKBI.

Hal yang menggembirakan dan meringankan UKBI Adaptif Merdeka untuk para siswa diberikan secara gratis. Tentu saja siswa calon peserta UKBI harus terlebih dahulu melakukan pendaftaran secara daring. Ada kelengkapan yang harus disiapkan siswa, yakni pasfoto digital, kartu pelajar/kartu pengenal diri, NISN, dan akun email yang aktif.

Berikutnya dengan dipandu oleh tim dan didampingi beberapa guru, para siswa pun mulai melakukan pendaftaran melalui laman ukbi.kemdikbud.go.id. Penjelasan langkah-langkah pendaftaran pun diikuti siswa. Tidak ada kendala yang sangat berarti. Memang ada beberapa siswa yang tertinggal saat melakukan pendaftaran secara daring karena koneksi jaringan yang kurang stabil.

Penjadwalan UKBI untuk siswa SMAN 5 Palangka Raya direncanskan pada minggu kedua September. Zona waktu uji yang dipilih adalah zona waktu 1 pukul 08.00 WIB dan zona waktu 2 pukul 10.00 WIB. Laboratorium komputer sekolah akan menjadi tempat pelaksanaan UKBI.

Semoga nanti pelaksanaan UKBI berjalan lancar. Kita berharap kegiatan ini nanti semakin meningkat kemahiran berbahasa Indonesia para siswa sebagai alat komunikasi yang efektif dalam beragam aktivitas sehari-hari, termasuk dalam rangka meningkatkan kompetensi dan kualitas serta berprofil pelajar Pancasila. (LJ)