Berhati-hati dalam Pergaulan untuk Meraih Kebaikan

Sebagai bagian dari masyarakat luas tentu wajar kita harus menjaga hubungan baik dalam pergaulan dengan sesama. Namun, kita juga harus cerdas dan bijak dalam kancah pergaulan. Hal positif dan negatif ada dalam pergaulan di antara manusia yang memiliki beragam karakter.

“Kalian sebagai siswa harus berhati-hati dan pandai memilih teman yang baik dalam pergaulan. Pilih teman yang baik dan membawa kebaikan. Teman yang berkarakter baik dan membuat kita menaati peraturan, rajin belajar, dan disiplin bisa dipilih sebagai teman.”

“Hindari teman yang mengajak kepada hal yang buruk dan membawa keburukan. Di luar sana tentu ada teman yang mengajak kepada hal yang negatif, seperti melakukan balapan liar, membolos, dan merokok. Itu harus dihindari.”

Begitulah amanat yang disampaikan pembina upacara, Seliwati, M.Pd., kepada para siswa SMAN 5 Palangka Raya saat upacara Senin, 4 September 2023. Guru Kimia dengan tugas tambahan sebagai Bendahara BOSNAS itu menekankan agar semua siswa lebih berkarakter dan menjaga diri dalam pergaulan untuk kebaikan diri, keluarga, dan sekolah. Siswa harus bisa membedakan yang baik dan yang buruk. Perkataan, sikap, dan tindakan yang baik harus dilakukan. Sebaliknya, perkataan, sikap, dan tindakan yang buruk harus dicegah dan dijauhi.

Usai upacara, berlangsung acara tambahan, yakni penyerahan piala juara kedua pertandingan futsal putra antarsiswa SLTA Kota Palangka Raya. Tim siswa sekolah ini berhasil mencatatkan prestasinya. Sukses dan selamat. Semoga dapat meningkatkan prestasi serta pandai menjaga diri dalam pergaulan. (LJ)