116 Calon Pengurus OSIS Ikuti LDK

Seiring dengan bergulirnya regenerasi, pergantian kepemimpinan pun senantiasa berlangsung dalam periode waktu tertentu. Begitu juga dengan kepengurusan Organisasi Siswa Intrasekolah (OSIS), setiap tahun juga mesti terjadi pergantian.

Berkaitan dengan itu, para calon pengurus pun perlu berlatih untuk calon pemimpin. Para siswa harus belajar menjadi pemimpin, apalagi calon pengurus OSIS.

Maka mengikuti Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) pun menjadi penting. Inilah yang kemudian berlangsung di SMAN Palangka Raya. Para siswa calon pengurus OSIS yang berjumlah 116 mengikuti LDK yang mulai berlangsung pada Kamis, 7 September 2023. Kegiatan yang direncanakan berlangsung tiga hari ini diikuti oleh siswa kelas X dan XI.

Kepala SMAN 5 Palangka Raya, Drs. M. Ramli, M.Pd., saat membuka secara resmi kegiatan berharap agar LDK ini dapat membuat siswa berlatih menjadi pemimpin sekaligus menyalurkan minatnya untuk belajar berkiprah dalam sebuah organisasi, termasuk dalam OSIS.

“Untuk menjadi seorang pemimpin dan pengurus suatu organisas, siswa harus meningkatkan sikap disiplin, rasa tanggung jawab, menghargai prestasi, perduli lingkungan. Ini harus benar-benar diimplementasikan dalam berorganisasi. Calon pengurus OSIS juga harus berusaha menjadi contoh atau teladan yang baik bagi rekan-rekan siswa yang lain. Oleh karena itu, kalian harus berusaha meraih prestasi terbaik di bidang akademik dan nonakademik serta lebih berkarakter,” pesannya.

Didampingi para wakasek dan pembina OSIS, Ramli mengingatkan agar kegiatan harus dilaksanakan dengan sebaik-baiknya. Oleh karena itu, kerja sama yang baik antara manajemen sekolah, pembina, dan pengurus OSIS lama harus benar-benar dilaksanakan. (LJ)