Mari Wujudkan dan Kuatkan Profil Pelajar Pancasila

Pagi cerah sejuk Senin, 18 September 2023 memberikan semangat kepada para peserta upacara. Berdiri tegak rapi dalam barisan lebih seribu siswa mengikuti upacara dengan khidmat. Kepala sekolah, guru, staf, dan puluhan mahasiswa PPL pun tampak khidmat menjadi peserta upacara yang memberikan contoh yang baik kepada siswa SMAN 5 Palangka Raya.

Rangkaian upacara berlangsung tertib dan lancar. Pembina upacara, Juniar Tiurma ULI Silalahi, M.Pd., menyampaikan amanatnya. Guru Bahasa Inggris ini mengingatkan para siswa untuk senantiasa menaati peraturan secara tertib. Menurutnya, peraturan sekolah itu dibuat untuk dilaksanakan agar kegiatan belajar dan semua aktivitas berlangsung secara teratur. Jika peraturan benar-benar dilaksanakan, tentu semua aktivitas akan berlangsung dengan lancar tanpa kendala yang berarti sehingga semua warga sekolah juga akan merasa nyaman di dalamnya.

“Salah peraturan itu adalah kita semua harus menjaga kebersihan. Dengan niat ikhlas, mari kita wujudkan kebersihan kelas dan lingkungan sekolah. Jika kebersihan terjaga, pikiran kita akan jernih dan lebih mudah dan ringan dalam belajar dan bekerja.’

Semua siswa harus turut menjaga keamanan sekolah. Barang-barang berharga yang mendukung pembelajaran, seperti uang dan gawai harus dijaga baik-baik. Pastikan kelas aman saat ditinggal melaksanakan aktivitas di luar kelas atau di lapangan. Jika perlu, selalu bawa saja atau jangan ditinggal begitu saja.

Satu hal yang juga sangat penting adalah semua harus berpartisipasi dalam menyelesaikan setiap permasalahan secara baik dan bijak. Segala macam bentuk kekerasan, baik kekerasan dalam bersikap, bertutur, dan bertindak harus dicegah. Kita semua harus mengedepankan karakter rendah hati, bijaksana, dan penuh niat baik dalam menyelesaikan masalah.

Selanjutnya, mulai hari ini siswa kelas X akan mengikuti Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila sebagai bagian dari Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM). Diharapkan dengan kegiatan ini siswa dapat lebih berkarakter menjadi sosok-sosok yang berakhlak mulia dalam kehidupan sehari-hari di mana pun berada sebagai siswa yang berprofil pelajar Pancasila. (LJ)