Warga SMAN 5 Palangka Raya Dukung Rumusan Visi, Misi, Tujuan, dan Jenama Sekolah

Visi, misi, tujuan, dan jenama sekolah (school branding) SMAN 5 Palangka Raya akhirnya ditetapkan pada Jumat, 20 Oktober 2023. Setelah melalui rangkaian kerja tim melalui perumusan dan survei terhadap warga sekolah, akhirnya dalam forum dewan guru sesuai kegiatan IHT, kesepakatan dengan menerima dan mempertimbangkan masukan, akhirnya kepala sekolah menetapkannya secara resmi.

Visi, misi, tujuan, dan jenama sekolah merupakan bagian dari Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan (KOSP). Dalam pelaksanaanya perlu ditinjau untuk direvisi dan disempurnakan secara berkala untuk menyesuaikan dengan perubahan dan perkembangan yang terjadi. Setelah disusun lima tahun yang lalu, kini pada 2023 telah dilakukan peninjauan dan revisi.

Tim perumusan visi, misi, tujuan, dan jenama sekolah telah melakukan rangkaian kerja. Pada 18 September 2023 tim telah melakukan rapat dan merumuskan serta merevisi terhadap visi, misi, tujuan, dan jenama sekolah. Selanjutnya, warga sekolah juga diberikan kesempatan untuk memberikan masukan terhadap hasil rumusan tersebut pada tanggal 18 sampai dengan 22 September 2023. Melalui survei secara daring, mereka yang terdiri atas guru, staf, orang tua, dan siswa pun memberikan pendapat dan dukungannya.

Dari 1033 warga sekolah yang mengisi survei lebih dari 98% menyatakan setuju dan sangat setuju terhadap visi, misi, tujuan, dan jenama sekolah. Ini menunjukkan dukungan mereka bahwa hal yang sudah ditetapkan harus diwujudkan bersama oleh seluruh warga sekolah sesuai dengan tugas dan kewajibannya masing-masing.

Kepala sekolah, Drs. M. Ramli, M.Pd., didampingi Wakasek Kurikulum (Kasih, S.P.A.K.) Wakasek Humas dan Publikasi/Ketua Tim Visi-Misi Sekolah (Lukman Juhara, M.Pd.) dan Sekretaris Tim Visi-Misi Sekolah ( I Wayan Muliana, S.Pd.) dan anggota tim lainnya di hadapan para pendidik mengajak seluruh warga sekolah untuk bersinergi mewujudkan visi, misi, tujuan, dan jenama sekolah yang telah dirumuskan dan disetujui bersama.

“Mari kita bersepakat melaksanakan kerja sama dan meningkatkan kinerja disiplin yang lebih baik agar dapat mewujudkan harapan kita. Saya berikan apresiasi kepada para pendidik dan tenaga kependidikan yang telah menunjukkan kinerja baik dan terbaik. Mari tetap menjalin kerja sama yang positif untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan di sekolah kita tercinta ini,” tuturnya memotivasi. (LJ)