Menjaga Kesehatan Fisik, Jiwa, dan Otak untuk Memperjuangkan Cita-cita

Siswa harus punya cita-cita masa depan. Dengan cita-cita siswa akan punya semangat belajar untuk memperjuangkan ketercapaian cita-cita. Cita-cita tentu bukan angan-angan kosong. Oleh karena itu, perlu upaya sungguh-sungguh untuk menggapainya.

Amanat ini disampaikan oleh pembina upacara, Christina Nopriani, M.Pd., pada Senin, 20 November 2023 di halaman sekolah. Kurang lebih seribu siswa menyimaknya dalam barisan rapi dan khidmat. Sementara itu puluhan guru, staf, dan mahasiswa PPL pun melengkapi di sisi barisan yang lain.

Untuk bisa memperjuangkan cita-cita siswa perlu menjaga dan menguatkan fisik agar tetap sehat. Mengonsumsi makanan dan minuman sehat bergizi sangat perlu.

Hal yang juga sangat penting juga adalah memelihara kebersihan dan kesehatan jiwa. Jiwa harus tetap dipelihara kebersihan dan kesehatannya agar menjadi manusia yang berkarakter. Jiwa yang sehat tidak akan mudah terpengaruh oleh hal-hal negatif.

Berikutnya, otak juga harus terus diasah agar bertambah cerdas. Belajar positif dengan banyak hal yang baik akan membuat otak bertambah cerdas. Oleh karena itu, siswa harus rajin dan bersemangat belajar untuk menambah ilmu pengetahuan dan keterampilan yang bermanfaat.

Ya para siswa dan kita semua harus menjaga fisik, jiwa, dan otak agar senantiasa sehat, bersih, dan cerdas agar bisa belajar, bekerja, dan memperjuangkan cita-cita. Mari kita perjuangkan cita-cita dengan berubah secara positif dan lebih baik. (LJ)