Semarak Asesmen Kebugaran di SMAN 5 Palangka Raya

Assesmen kebugaran digelar halaman di SMAN 5 Palangka Raya pagi Jumat, 24 November 2023. Seluruh siswa yang hadir pun mengikutinya dengan antusiasme tinggi.

Ketua panitia, Johnkenedy, M.Pd., menyampaikan bahwa assesmen kebugaran ini bertujuan mengukur kebugaran dan kemampuan siswa dalam beberapa aspek, yakni kecepatan daya tahan kekuatan kelincahan, dan keseimbangan. Manfaatnya adalah untuk meningkatkan kemampuan sistem sirkulasi dan kerja jantung sehingga mencegah penyakit jantung, meningkatkan kekuatan, stamina, kecepatan, menurunkan berat badan, mencegah obesitas, dan meningkatkan kualitas hormon,” tutur guru Geografi dengan tugas tambahan sebagai Wakasek Kesiswaan itu.

Kepala Puskesmas Bukit Hindu, Hellyana, S.Kep., Ns., yang hadir bersama tim kebugaran dalam sambutannya menyatakan kegembiraannya bisa hadir di sekolah ini. Ia menjelaskan bahwa asesmen kebugaran jasmani hendaknya dapat mendorong kebiasaan hidup sehat pada semua siswa. Salah satu pembiasan positif untuk mempertahankan kebugaran adalah selalu sarapan pagi dan makan makanan yang bergizi.

Menu 4 sehat 5 sempurna yang sekarang disempurnakan dengan 4 sehat 5 sempurna isi piringmu hendaknya dijadikan kebiasaan untuk menjaga pola hidup sehat. Itu juga mesti dibarengi dengan berolahraga dan menerapkan pola hidup bersih dalam kehidupan sehari-hari.

Sementara itu kepala sekolah, Drs. Ramli, M.Pd., menyampaikan bahwa asesmen kebugaran ini merupakan lanjutan kegiatan setelah beberapa hari lalu khusus siswa kelas XII telah mengikuti Asesmen Bakat Minat (ABM). Kegiatan yang didanai dari BOS Kinerja patut disyukuri karena sekolah ini dinilai telah menjalankan manajemen dengan baik sehingga mendapatkan tambahan berupa BOS Kinerja.

Terkait dengan kebugaran jasmani para siswa sekolah ini tentunya sudah terlatih untuk membiasakan hidup sehat. Apalagi kegiatan apel pagi dan apel siang sudah menjadi kebiasaan setiap hari yang tentu sangat mendukung pembentukan jasmani yang bugar,” katanya sekaligus membuka kegiatan secara resmi.

Akhirnya asesmen kebugaran pun berlangsung. Diawali dengan senam bersama, asesmen dengan menggunakan aplikasi SIPGAR para siswa dipandu tim dari Puskesmas Bukit Hindu pun berlangsung. Tampak siswa gembira dan bersemangat mengikutinya.

“Bagaimana hasil asesmen kebugaran kalian tadi” tanya seorang guru kepada beberapa siswa.

“Alhamdulillah kami sehat, Pak,” kata siswa seraya tersenyum riang. (LJ)