Tunjukkan Karya Terbaik dalam Ujian Praktik dan Tuntaskan Tugas Pembelajaran

Penilaian Sumatif Kinerja atau yang biasa dikenal dengan Ujian Praktik untuk siswa kelas XII akan berlangsung mulai hari ini Senin, 4 Maret 2024. Tentu para siswa harus sudah mempersiapkan diri untuk mengikutinya.

Diawali dengan kegiatan rutin upacara bendera, mereka berbaris dengan tertib dan mengikuti seluruh rangkaian upacara. Pun begitu puluhan guru dan staf tegak dalam barisannya mengikuti upacara dengan khidmat.

Pembina upacara, Juni Hendra Hadi Santosa, S.Pd., mengajak para siswa kelas XII untuk menyiapkan diri menghasilkan karya terbaik dalam ujian praktik ini. Kesungguhan dalam berproses belajar selama ini dan seterusnya akan membuat siswa lebih siap menghadapi ujian. Lebih dari itu, belajar dengan sungguh-sungguh juga berarti akan lebih siap memasuki jenjang pendidikan yang lebih tinggi berikut.

“Siapkan diri kalian dengan baik agar dapat mengikuti ujian praktik dengan baik dan memperoleh hasil atau karya terbaik. Siapkan pula dengan baik agar kalian bisa lulus dengan baik dari sekolah ini dan dapat mempersiapkan diri untuk melanjutkan pendidikan sesuai dengan pilihan terbaik,” kata guru PJOK itu memotivasi.

Sementara itu, Siswa kelas X dan XI yang biasa aktif mengikuti berbagai kegiatan, seperti pertandingan atau perlombaan di luar sekolah tetap harus tetap memperhatikan tugas pembelajaran di sekolah. Mereka harus mengerjakan tugas belajar yang tertinggal.

“Bagus saja mengikuti kegiatan positif untuk siswa karena itu juga bagian dari pengembangan diri untuk menyalurkan bakat dan minat. Namun, jangan sampai tertinggal dengan tugas pembelajaran di sekolah. Silakan hubungi guru mata pelajaran secara langsung untuk meminta tugas dan mengerjakannya dengan sebaik-baiknya. Ini perlu kalian lakukan agar pembelajaran di sekolah juga dapat diikut secara tuntas meraih kompetensi terbaik,” tambahnya memotivasi.

Acara tambahan singkat di akhir upacara diisi dengan dengan penyerahan piala dan medali penghargaan dari siswa berprestasi dalam berbagai kegiatan di luar sekolah. Medali dan piala kejuaraan pencak silat, lomba video kreatif, lomba PMR Tingkat Wira pun diterima kepala sekolah, wakasek kurikulum dan pembina ekstrakurikuler.

Maka tepuk tangan aplaus meriah pun menyusul untuk mengapresiasi. Semoga prestasi bisa menginsipirasi para siswa untuk terus belajar dan berkarya dengan lebih baik untuk berubah menjadi lebib baik pula. (LJ)