Bukan Seremonial, Upacara Bendera Kuatkan Patriotisme dan Cinta Tanah Air

Upacara bendera memang sebuah rutinitas. Namun, rutinitas ini bukan seremonial. Jiwa patriotisme dan cinta tanah air salah satu penguatannnya adalah melalui upacara bendera. Upaya untuk menanamkan sikap disiplin dan tertib juga melalui daldh satunya melalui upacara.

Begitulah sebagian amanat yang disampaikan pembina upacara,  yakni Wakasek Kesiswaan, Jonkenedy, M.Pd., Senin, 6 Mei 2024. Ia menekankan agar siswa tetap khidmat saat melaksanakan upacara. Selanjutnya, hikmah upacara harus diterapkan dalam bentuk disiplin waktu, semangat belajar, dan meneruskan jiwa kepahlawanan untuk kejayaan bangsa dan negara.

Lebih dari itu, ia juga mengingatkan bahwa waktu Penilaian Sumatif Akhir Jenjang sudah semakin dekat. Pelaksanaannya akan berlangsung pada tanggal 3 sampai dengan 12 Juni 2024. Untuk itu, siswa harus mempersiapkan diri dengan baik agar dapat mengikutinya dengan baik pula.

Siswa juga diingatkan untuk tertib menyelesaikan administrasi sekolah, seperti membayar iuran BPP, OSIS, dan Perpustakaan setiap bulan. Ini penting untuk membantu kelancaran pendanaan kegiatan siswa di sekolah dan kegiatan lainnya.

Usai upacara, acara tambahan pun berupa penyerahan tropi pun menyusul. Gudep 227–228 Taruna Tinggang Utama Pangkalan SMAN 5 Palangka Raya telah meraih Juara Umum dalam Lomba Pramuka Pertisinika VIII Se-Provinsi Kalimantan Tengah yang diselenggarakan oleh Gugus Depan Pangeran Hidayatullah MAN Kota Palangka Raya.

Kepala sekolah, Drs. M. Ramli, M.Pd., Wakasek Kurikulum, Kasih, S.PA.K., dan Wakasek Kesiswaan, Jonkenedy, M.Pd., serta didampingi Pembina Pramuka, Christina Nopriani, M.Pd., pun bergantian menerima tropi dari siswa yang telah meraih prestasi dalam ajang tersebut. Tentu rona kegembiraan pun terpancar seluruh peserta upacara. Ini kemudian dilengkapi dengan foto bersama diiringi senyum dan tepuk tangan. (LJ)