Disiplin dan Bersiap Lebih Awal itu Penting

Disiplin akan membuat kita lebih tertib dalam belajar dan bekerja. Disiplin akan menggiring kita mengikuti aturan dengan tepat waktu. Disiplin juga melatih kita untuk menaati aturan secara konsisten dan penuh kesadaran tanpa paksaan.

Hadir tepat waktu dan tidak terlambat ke sekolah juga bagian dari disiplin. Begitu pembina upacara, Patmawati, S.Pd., M.Pd. menyampaikan amanat sebagai pembina upacara Senin, 13 Mei 2024 di depan para siswa SMAN 5 Palangka Raya.

Halaman sekolah yang sebagian tergenang air dampak hujan semalam tampak berkilauan ditimpa sinar matahari pagi yang cerah dan terasa hangat. Para siswa, guru, dan staf tampak berdiri khidmat.

Lebih lanjut pembina upacara menekankan agar siswa selalu disiplin menyiapkan perlengkapan sekolah lebih awal. Ini penting agar tidak terburu-buru dan tidak ada yang terlewatkan. Dengan begitu, siswa tidak perlu buru-buru atau ngebut di jalan menuju sekolah.

“Masih ada sebagian siswa yang melaju kencang dengan kendaraannya. Warga masyarakat pun mengeluhkan sikap siswa yang tidak tertib dan kurang berhati-hati. Ini berpotensi negatif dan merugikan diri sendiri dan orang lain. Sikap seperti ini harus disadari dan dihindari,'” tegas guru PJOK ini.

Lebih lanjut, ia mengingatkan siswa untuk lebih fokus dan serius bersiap mengikuti Penilaian Sumatif Akhir Jenjang pada awal Juni mendatang. Siswa harus bersungguh-sungguh mempersiapkan diri dan tidak sekadar mengikuti.

“Berdisiplin dan selalu mempersiapkan diri lebih awal itu penting. Ini akan mengantar kita untuk tertib dalam banyak hal dan lebih memberikan peluang untuk mencapai keberhasilan dalam belajar,” tegasnya memotivasi. (LJ)