Antusiasme Siswa SMAN 5 Palangka Raya Ikuti Turnamen Catur

SMAN 5 Palangka Raya menggelar turnamen catur pada Jumat, 24 Mei 2024. Kegiatan yang masih dalam rangkaian HUT sekolah ke-29 dan Peringatan Hardiknas 20 Mei 2024 ini juga untuk memfasilitasi minat, bakat, dan potensi siswa, khususnya mereka yang tergabung dalam ekstrakurikuler catur.

Menurut Ketua Panitia, Muhammad Noor, S.Pd., Turnamen Catur SMAN 5 Palangka Raya Cup Antarpeserta Didik dan Alumni ini diikuti oleh 23 peserta, yang terdiri atas 20 siswa kelas X dan XI dan 3 alumni.

“Ekskul catur cukup diminati oleh para siswa. Beberapa turnamen catur di luar sekolah, seperti di tingkat kota dan tingkat provinsi juga sudah diikuti siswa sekolah ini dan mencatatkan prestasi. Memang ada juga siswa yang berminat mengikuti ekskul catur, tetapi belum tertarik untuk mengikuti turnamen. Semoga turnamen dalam sekolah ini akan membangkitkan minat dan kepercayaan diri mereka untuk berani bertanding dengan jiwa penuh sportivitas,” kata guru Sejarah yang juga Pembina Ekstrakurikuler Catur ini.

Kepala Sekolah, Drs.M.Ramli, M.Pd., didampingi Wakasek Kurikulum, Kasih, S.P.A.K., dan Wakasek Humas dan Publikasi, Lukman Juhara, menyatakan dukungannya terhadap kegiatan turnamen catur. Ia berharap kegiatan ini dapat melatih siswa berpikir positif dan kritis sebagai salah satu profil pelajar Pancasila. Permainan catur dapat melatih ketelitian dan mengasah daya ingat serta berani mengambil keputusan yang tepat.

“Nah, dalam kehidupan ini perlu diwujudkan juga. Biasakan berpikir kritis dan bertindak positif dalam menyelesaikan persoalan kehidupan sehari-hari itu harus dilakukan. Berani mengakui kelebihan orang lain dan mengakui kekurangan diri juga merupakan wujud menjunjung sportivitas yang mesti diambil hikmahnya dari turnamen catur,” katanya memotivasi saat membuka kegiatan.

Berikutnya, turnamen catur pun dimulai dalam enam babak. Pertandingan dipimpin langsung oleh wasit Percasi Kota Palangka Raya, Hartoni, didampingi Operator Aplikasi Swiss Manager, Kronika, S.Pd.

Antusiasme peserta turnamen catur pun menggeliat. Mereka tampak bersemangat dalam permainan yang menguji kecermatan dan kecepatan itu. Meskipun demikian, mereka tetap menunjukkan sportivitas. (LJ,)