Mantapkan Persiapan Mengikuti Penilaian Sumatif Akhir Jenjang

Penilaian Sumatif Akhir Jenjang tinggal seminggu lagi. Para siswa harus memantapkan persiapan agar dapat mengikutinya dengan baik. Tugas mata pelajaran untuk menguatkan kompetensi mesti segera diselesaikan agar lebih siap menghadapi penilaian akhir jenjang yang turut menentukan kenaikan jenjang

Amanat itu disampaikan pembina upacara, Budiarto, S.Pd., pada Senin, 27 Mei 2024 di hadapan ratusan siswa kelas X dan XI yang berseragam lengkap putih abu-abu. Puluhan pendidik dan tenaga kependidikan SMAN 5 Palangka Raya juga turut menyimak khidmat dalam barisan upacara.

“Selain semangat belajar ditingkatkan, kebersihan kelas dan lingkungan sekolah juga harus kita jaga. Mari ciptakan kebersihan, keamanan, dan kenyamanan agar suasana belajar mengajar semakin kondusif dan lebih baik lagi,” tutur guru PPKn ini menyemangati.

Hal lain yang juga disampaikan dalam amanatnya, siswa diminta untuk membiasakan berliterasi dengan membaca informasi, pengumuman, dan edaran yang disampaikan sekolah. Ini penting agar siswa terbiasa membaca informasi yang positif dan benar. Surat untuk orang tua/wali juga mesti disampaikan agar komunikasi antara sekolah dan orang tua/wali tetap terjalin dan kerja sama tetap berjalan dengan baik.

Tak tertinggal, tertib dan disiplin administrasi juga penting. Hal itu pun menjadi bagian amanat yang perlu mendapat perhatian siswa.

“Tak hanya menuntut dan menerima hak, kewajiban juga mesti ditunaikan. Tertib administrasi melunasi iuran BPP setiap bulan adalah salah satu wujud tertib dalam administrasi. Tertib administrasi juga akan mendukung kelancaran dan ketertiban program sekolah untuk memfasilitasi berbagai kegiatan siswa,” tegasnya.

Sementara itu, disampaikan pula bahwa seusai Penilaian Sumatif Akhir Jenjang nanti akan digelar pertandingan antarkelas (classmeeting). Ini tetap perlu diikuti oleh siswa sebagai ajang silaturahmi dan pengembangan minat, bakat, dan potensi siswa. Siswa hendaknya tetap aktif hadir dan berpartisipasi aktif dalam kegiatan ini nanti. Jika berhalangan atau sakit, misalnya, harus ada surat keterangan yang sah dari tenaga medis agar bisa dipertanggungjawabkan.

Upacara bendera terakhir pada akhir semester genap itu pun usai. Acara tambahan yang digelar menambah semarak suasana. Pembagian sertifikat dan piala berlangsung. Para siswa pemenang FLS2N Kota bergantian menerimanya. Begitu juga para siswa pemenang Turnamen Catur SMAN 5 Palangka Raya Cup pun menerima hadiah sebagai penyemangat untuk meningkatkan prestasi. (LJ)