Tingkatkan Keprofesionalan Pendidik Melalui MGMP

Musyarawah Guru Mata Pelajaran (MGMP) merupakan wadah atau forum aktivitas guru untuk meningkatkan keprofesionalannya sebagai pendidikan. Ini sesusai dengan amanat UU No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen pasal 20 yang menyatakan bahwa dalam melaksanakan tugas keprofesionalan guru berkewajiban merencanakan pembelajaran dan melaksanakan proses pembelajaran yang bermutu, serta menilai dan mengevaluasi hasil pembelajaran.

Berkaitan dengan itu, MGMP pun digelar dan diikuti para guru SMAN 5 Palangka Raya. Kegiatan dalam rangka menyongsong tahun pelajaran 2024/2025 ini berlangsung di aula sekolah pada Selasa—Rabu, 28—29 Mei 2024.

Ketua Panitia, Jakomina Savera Mongi, S.Ag. menuturkan bahwa tahun pelajaran 2024/2025 akan segera hadir. Ini perlu disikapi dengan menyiapkan perangkat pembelajaran lebih awal agar pembelajaran nanti dapat berlangsung lebih efektif. Selain itu, kegiatan ini juga untuk memberikan ruang kreatif bagi guru untuk berinovasi dalam pembelajaran.

Mendukung hal itu, Wakasek Kurikulum, Kasih. S.P.A.K., mengharapkan agar rekan-rekan guru dapat memanfaatkan kesempatan dalam forum MGMP untuk menyiapkan perangkat pembelajaran sebagai pendidik yang profesional. Ini penting agar dapat memfasilitasi siswa untuk berkembang dan berubah menjadi lebih baik.

Tak berbeda dengan itu, kepala sekolah, Drs. M. Ramli, M.Pd., menyatakan bahwa MGMP merupakan wadah diskusi dan berbagi kompetensi untuk memecahkan masalah pembelajaran. Wadah ini merupakan tempat para pendidik mengembangkan diri menjadi guru profesional yang mampu mengantarkan peserta didik meraih kompetensi yang berkualitas.

“MGMP harus mencerahkan semangat kinerja guru. Mari wujudkan budaya mutu dengan didukung disiplin dan integritas,” tegasnya saat membuka kegiatan.

Rangkaian kegiatan MGMP pun berlangsung penuh semangat. Di dalam aktivitas kelompok, para pendidik bekerja sama mencurahkan pendapat dan menuangkan gagasan untuk menyusun modul Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Modul Ajar yang akan digunakan mulai tahun pelajaran baru nanti. Antusiasme mereka dalam presentasi dan diskusi kian bertambah dengan fasilitasi atau pendampingan narasumber dari BPMP Kalteng, yakni Jonro Batubara, S.sos., M.Pd. dan Aty Muyassaroh, S.Si., M.Ed. (LJ)