Gerakan Nasional Aksi Bergizi Wujudkan Pola Hidup Sehat

Gerakan Nasional Aksi Bergizi itu digelar serentak di seluruh Indonesia. Dinas Kesehatan Kota Palangka Raya pun tentu turut melaksanakan gerakan ini. Kegiatan ini juga dilaksanakan dalam rangka Hari Sumpah Pemuda ke-94 dan Hari Kesehatan Nasional ke-58. Salah satu yang menjadi tempat sasaran gerakan ini adalah SMAN 5 Palangka Raya.

Rabu, 26 Oktober 2022 menjelang pukul 07.00 kegiatan diawali dengan senam bersama siswa, guru, dan staf di halaman sekolah. Dengan penuh semangat untuk sehat senam di bawah cuaca pagi yang cerah pun berlangsung dengan penuh kegembiraan.

Berikutnya, rombongan Dinas Kesehatan Kota bersama Ketua TP-KK Kota Palangka Raya pun hadir. Masih di tengah lapangan, seremonial mengawali penyuluhan gerakan nasional aksi bergizi pun berlangsung.

Kepala SMAN 5 Palangka Raya, Drs. M. Ramli, M.Pd., menyambut baik kegiatan ini. Ia menyampaikan apreasiasi kepada Dinas Kesehatan Kota Palangka Raya yang telah hadir di SMAN 5 Palangka Raya sebagai salah satu sekolah yang menjadi sasaran penyuluhan kesehatan ini.

“Terima kasih kepada Tim Dinas Kesehatan Kota yang telah berkenan menyelenggarakan aksi bergizi sebagai wujud Gerakan Masyakat (Germas) Hidup Sehat. Semoga ini semakin meningkatkan semangat para siswa dan warga sekolah ini untuk lebih menerapkan gaya hidup yang bersih dan sehat sehingga dapat pula meningkatkan semangat belajar dan bekerja dengan lebih baik lagi,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua TP-PKK Kota Palangka Raya, Avina, dalam sambutan pembukaan mengajak seluruh warga sekolah untuk selalu menarapkan pola hidup bersih dan sehat dengan senantiasa menjaga kebersihan badan, lingkungan keluarga, sekolah, dan masyarakat dan sekaligus menerapkan pola makan yang sehat dan bergizi.

“Jangan mengabaikan masalah kurang gizi. Kita semua harus memperhatikan masalah asupan makanan kita sehari-hari agar senantiasa sehat. Apalagi untuk siswa SMA ini adalah saatnya terus tumbuh. Jadi harus dijaga benar agar senantiasa mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi. Khusus untuk siswa putri perlu juga ditambahkan dengan tablet penambah darah juga diutamakan. Oleh karena itu, melalui kegiatan ini nanti juga akan dibagikan tablet penambah darah,” jelasnya.

Selanjutnya kegiatan penyuluhan kesehatan pun berlangsung di aula sekolah. Tim Dinas Kesehatan Kota Palangka Raya memberikan penyuluhan kesehatan untuk mencegah pertumbuhan yang tidak optimal. Para siswa dimotivasi untuk menjaga kesehatan dengan menerapkan pola hidup bersihdan sehat untuk mencegah tumbuh secara kerdil (stunting). Penyuluhan juga disertai dengan pembagian tablet penambah dari untuk siswa putri. (LJ)


Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/u661263715/domains/sman5palangkaraya.sch.id/public_html/wp-includes/functions.php on line 5279

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/u661263715/domains/sman5palangkaraya.sch.id/public_html/wp-includes/functions.php on line 5279