MPLS Daring Berakhir, SMAN 5 Palangka Raya Siap Laksanakan PJJ Kembali

Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah ( MPLS) bagi peserta didik baru SMAN 5 Palangka Raya Tahun Pelajaran 2021/2022 selesai sudah. Kegiatan yang telah berlangsung selama tiga hari berturut-turut, Senin–Rabu, 12 s.d. 14 Juli 2021 ini diikuti 300-an siswa baru secara daring.

Selama tiga hari kegiatan siswa tetap berada di rumah masing-masing dengan tetap mematuhi protokol kesehatan karena masih dalam kondisi pandemi Covid-19. Mereka menggunakan gawai, android, atau laptop dengan aplikasi zoom meeting dan streaming YouTube. Meskipun tidak bertatap muka langsung dengan para guru atau narasumber, mereka tetap berusaha mengikuti kegiatan dengan serius. Ini terbukti dari banyaknya pertanyaan yang diajukan siswa melalui layar virtual.

Selama kegiatan yang terjadwal itu siswa baru menunjukkan antusiasme dipandu narasumber yang tampil bergantian. Beberapa materi MPLS, seperti Visi, Misi, dan Program Sekolah, Pengenalan Sarana dan Prasarana Sekolah, Kurikulum Sekolah dan Peminatan, Tata Tertib Sekolah menjadi perhatian para peserta didik baru. Begitu pula dengan materi seperti Penguatan Pendidikan Karakter (PPK), Keterampilan Abad 21, dan Literasi, dan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Materi Motivasi Belaar Efektif dan Etika Pergaulan dan Berkomunikasi, serta Pengenalan Ekstrakurikuler juga tak luput dari perhatian mereka.

Kepala SMAN 5 Palangka Raya, Drs. Muhamad Ramli, M.Pd. didampingi Ketua Panitia MPLS, Kasih, S.P.A.K., Wakasek Kurikulum, Dra. Yumiasi Tara, M.Si., dan Wakasek Kesiswaan, Jonkenedy, M.Pd., mengucapkan terima kasih atas keseriusan para peserta didik baru mengikuti MPLS. Atas nama sekolah ia juga berterima kasih atas kepercayaan dan partisipasi orangtua yang telah mendorong keaktifan putra-putrinya mengikuti kegiatan mengenal lingkungan sekolah pada awal tahun pelajaran baru ini.

Ramli berpesan agar peserta didik baru dapat menunjukkan semangat belajar walaupan masih harus dari rumah saja tengah pandemi Covid-19 yang sudah berlangsung lebih dari setahun ini.

“MPLS secara daring ini merupakan awal pembelajaran ke depan. Para peserta didik baru untuk sementara memang baru mengenal lingkungan sekolah secara daring. Namun, melalui berbagai tayangan materi dan video diharapkan dapat mengetahui fasilitas sarpras yang ada di sekolah ini. Para siswa juga sudah diperkenalkan dengan kepala sekolah, pendidik, dan tenaga kependidikan,” tutur Ramli dalam sambutan penutupan.

Lebih lanjut ia menjelaskan bahwa siswa kelas XI dan XII sudah lebih dahulu, yakni mulai 12 Juli 2021 melaksanakan PJJ secara daring saat siswa kelas X baru mengikuti MPLS. Diharapkan para siswa baru pun akan segera bersiap mengikuti PJJ dengan penuh semangat.

“Pandemi yang belum berakhir jangan sampai melemahkan semangat kalian untuk belajar dan berpacu meraih kompetensi dan berprestasi. Meskipun pembelajaran masih akan berlangsung secara daring, para siswa dengan dukungan orang tua/wali harus belajar dengan sungguh-sungguh dan terus menguatkan karakternya, Tentu saja dengan tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat untuk mencegah penularan Covid-19. Semoga pandemi ini segera berakhir sehingga kita nanti bisa memulai Pembelajaran Tatap Muka (PTM) Terbatas,” pungkasnya dilanjutkan dengan pelepasan tanda peserta kepada dua siswa baru yang hadir langsung secara terbatas. (L.J.)


Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/u661263715/domains/sman5palangkaraya.sch.id/public_html/wp-includes/functions.php on line 5279

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/u661263715/domains/sman5palangkaraya.sch.id/public_html/wp-includes/functions.php on line 5279